Implementasi Pattern Recognition Pada Pengenalan Monumen-Monumen Bersejarah di Kota Bandung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Ardiyansyah, Feri (2014) Implementasi Pattern Recognition Pada Pengenalan Monumen-Monumen Bersejarah di Kota Bandung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Monumen merupakan sebuah bangunan simbolisasi semangat dan pewarisan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dari peristiwa suatu sejarah penting. Kurangnya informasi yang disampaikan pada monumen bersejarah di kota Bandung yaitu berupa tulisan singkat dalam ukiran batu menjadi salah satu kendala bagi pengunjung yang ingin datang dan mengetahui informasi secara langsung (real-time). Sehingga untuk dapat mengetahuinya pengunjung harus menanyakan pada masyarakat sekitar, bagian informasi atau mengakses internet terlebih dahulu. Sebagian masyarakat yang berkunjung juga membuat mereka tidak mengetahui akan bangunan monumen bersejarah sehingga kadang hanya dianggap sebagai objek foto atau bangunan hiasan saja, bukanlah sebagai monumen bersejarah. Maka diharapkan adanya pendekatan teknologi guna mendukung dalam mengenalkan monumen kota Bandung dengan cara yang menarik dan informatif, sekaligus dapat dijadikan sarana pembelajaran mengenai sejarah kota Bandung. Dengan menerapkan teknologi Augmented Reality berbasis Android, diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi secara langsung. Kebutuhan akan suatu informasi yang dibutuhkan bagi pengguna dengan tingkat mobilitas tinggi membuat mobile phone tidak hanya sebagai alat komunikasi saja namun juga sebagai alat untuk mendapatkan suatu informasi dengan cara menarik.Berdasarkan hasil pengujian Blackbox yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem secara fungsional mengeluarkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.Berdasarkan pengujian beta dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi media pengenalan monumen bersejarah ini yang menerapkan teknologi AR dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi secara real-time (nyata) dan jelas. Aplikasi media pengenalan monumen ini juga dapat digunakan sebagai media tambahan dalam mengenalkan monumen bersejarah kota Bandung dengan cara baru dan informatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR), Multimedia, Aplikasi Mobile, Monumen Bersejarah Kota Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29572

Actions (login required)

View Item View Item