Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Manusia Sebagai Sarana Bantu Pelajaran Biologi Berbasis Android (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jatibarang)

Nur Arifin, Agus (2014) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Manusia Sebagai Sarana Bantu Pelajaran Biologi Berbasis Android (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jatibarang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kondisi laboratorium Biologi Sma Negeri 1 Jatibarang yang kurang memadai membuat para siswa kurang memahami pelajaran yang menggunakan media tambahan model tubuh manusia terutama pada pelajaran mengenai sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan sistem peredaran darah. Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang sangat populer, di Indonesia pengguna device yang mengusung sistem operasi android mengalami pertumbuhan signifikan, perangkat Android masih menduduki peringkat teratas pangsa pasar dunia. Survei pengguna android yang dilakukan pada kelas 2 IPA, sekitar 80 persen menggunakan handphone platform android. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi pembelajaran anatomi dan fisiologi manusia ini menggunakan metode tutorial. Metode tutorial memperkenalkan materi pelajaran baru kepada siswa dan kemudian ditindaklanjuti dengan latihan dan praktik. Program ini umumnya menyediakan tes awal dan tes akhir berkenaan dengan materi yang disampaikan. Pembangunan aplikasi ini menggunakan Adobe Flash Professional dengan bahasa pemograman ActionScript 3.0 untuk kemudian di jalankan di handphone platform android. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu aplikasi ini sudah menampilkan materi yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi serta meningkatkan siswa dalam memahami nama dan fungsi dari anatomi dan fisiologi manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Android, Adobe Flash Professional, ActionScript 3.0, Metode Tutorial, Pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29577

Actions (login required)

View Item View Item