Penerapan Logika Fuzzy Untuk Optimalisasi Perilaku Tower Pada Game Tower Defense

Satriawan, Sandi (2014) Penerapan Logika Fuzzy Untuk Optimalisasi Perilaku Tower Pada Game Tower Defense. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tower Defense merupakan sub-genre dari game Real-Time Strategy, game ini berfokus pada strategi penempatan Tower dan pengaturan sumber daya yang dimiliki pemain. Dalam bentuk paling sederhana, game Tower Defense terdiri dari pemain yang mempunyai tugas membeli dan mengorganisir Tower. Fungsi dari Tower itu sendiri adalah untuk menghentikan unit musuh yang bergerak menuju goal point atau menyerang area pemain. Dimana tower hanya akan menyerang unit musuh sesuai jarak tembaknya. Pada umumnya unit musuh pada game Tower Defense memiliki status kekuatan seperti kecepatan dan health point (darah), status kekuatan ini menjadi pembeda antara unit musuh satu dengan unit musuh lainnya. sehingga apabila hanya jarak yang menjadi acuan penentuan target tembak hal ini dinilai kurang efektif, karena sulit untuk mengklasifikasikan unit musuh dengan tingkat bahaya tinggi dan unit musuh dengan tingkat bahaya rendah sebagai target serang atau target tembak. Atas dasar permasalahan tersebut, perancangan AI atau kecerdasan buatan pada perilaku NPC Tower perlu diperhatikan, terutama dalam membuat keputusan (decision making) penentuan target serang atau tembak pada NPC Tower dengan menggunakan logika Fuzzy. Maksud dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menerapkan kecerdasan buatan pada NPC Tower. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pemilihan target serang atau tembak pada NPC Tower. Metode yang digunakan dalam proses pembuatan perangkat lunak pada penelitian ini mengadopsi model waterfall. Pendekatan analisis menggunakan metode analisis deksriptif. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan logika Fuzzy dalam penentuan target tembak pada NPC Tower lebih optimal apabila dibandingkan dengan NPC Tower yang hanya menggunakan jarak sebagai penentu target tembak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Tower Defense Game, Fuzzy Logic, Mamdani
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item