Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Alat Kontrasepsi Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management di Unit Pelaksana Teknis Keluarga Berencana (UPTKB) Kecamatan Ciparay

Devi Yanti, Sinta (2014) Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Alat Kontrasepsi Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management di Unit Pelaksana Teknis Keluarga Berencana (UPTKB) Kecamatan Ciparay.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Keluarga Berencana (UPTKB) adalah Instansi Pemerintah yang bergerak di bidang Keluarga Berencana dan dibawahi oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP). UPTKB Kabupaten Bandung melaksanakan tugas teknis operasional dibidang keluarga berencana yang meliputi distribusi alat kontrasepsi ke Puskesmas dan melakukan pengadaan ke BKBPP. Salah satu UPTKB yang berada di kabupaten Bandung yaitu UPTKB Kecamatan Ciparay. UPTKB Kecamatan Ciparay sering mengalami kendala dalam menentukan jumlah alat kontrasepsi untuk pengadaan yang akan dikirim ke BKBPP. Karena puskesmas sering terlambat dalam mengirimkan data pesanan alat kontrasepsi. Hal tersebut berimbas kepada ketidakpastian persediaan alat kontrasepsi yang ada di gudang UPTKB. Berdasarkan permasalahan di atas untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem informasi distribusi alat kontrasepsi dengan pendekatan metode supply chain management di Unit Pelaksana Teknis Keluaraga Berencana. Tujuannya adalah memudahkan dalam menentukan jumlah alat kontrasepsi dan jenis alat kontrasepsi untuk data pengadaan yang akan dikirim ke BKBPP dan membantu dalam menentukan jumlah persediaan alat kontrasepsi yang harus tersedia di gudang UPTKB. Metode peramalan yang digunakan adalah single exponential smoothing. Peramalan kebutuhan alat kontrasepsi menggunakan data pemesanan rekapitulasi dari puskesmas yang dijumlahkan dan diurutkan berdasarkan bulan. Perhitungan dalam menentukan jumlah persediaan alat kontrasepsi menggunakan Safety Stock dan perhitungan titik pemesanan kembali menggunakan Reorder Point . Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu Pihak Puskesmas dalam membuat data pemesanan dan mengetahui status pemesanan, membantu Kepala Gudang dalam monitoring persediaan alat kontrasepsi, membantu Kepala Sub Bagian dalam menentukan jumlah pengadaan alat kontrasepsi serta membantu Kepala UPTKB dalam memberikan persetujuan pemesanan dan pengadaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Single Exponential Smoothing, Safety Stock, Reorder Point
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29590

Actions (login required)

View Item View Item