Pembangunan Game Edukasi Palang Merah Remaja Berbasis Desktop

Aspullah, Mohamad (2014) Pembangunan Game Edukasi Palang Merah Remaja Berbasis Desktop.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh siswa-siswi yang dilaksanakan diluar jam sekolah. Penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler mempengaruhi prestasi akademik siswa. Lebih khusus, penelitian telah dilakukan untuk menilai efek dari kegiatan ekstrakurikuler yang spesifik pada prestasi akademik. Palang Merah Remaja (PMR) merupakan salah satu kegiatan Ekstrakulikuler yang selalu ada disetiap sekolah yang dapat memberikan kecerdasan emosional. Kegiatan PMR saat ini sudah tidak diwajibkan lagi dan sudah mulai kurang dikenal oleh kalangan siswa- siswi, hal ini akan mengakibatkan menurunya peminat siswa-siswi yang ingin mengikuti kegiatan PMR. Game sebagai aplikasi yang interaktif dapat dijadikan media pembelajaran langsung dengan pola learning by doing yang disebut juga dengan game edukasi. Game edukasi bisa menjadi media edukasi baru untuk membantu dan mengenalkan kegiatan ekstrakulikuler PMR. Pembangunan game edukasi ini menggunkan metodologi penelitian waterfall. Algoritma yang digunakan pada game edukasi ini yaitu algoritma logika fuzzy yang diterapkan pada luka korban untuk mengetahui jenis luka korban apakah termasuk luka ringan, luka sedang, atau luka berat. Pengujian beta merupakan pengujian yang dilakukan secara objektif, dimana dilakukan pengujian secara langsung terhadap responden dengan menggunakan kuisioner mengenai kepuasan pengguna atas aplikasi yang telah dibangun. Setelah melakukan pengujian beta, menghasilkan kepuasan responden terhadap game edukasi yang sudah dibangun yang dapat membantu dan mengenalkan kegiatan ekstrakulikuler PMR, menambah pengetahuan dan keterampilan mengenai kegitan PMR dan pertolongan pertama, mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya untuk selalu memberikan pertolongan pertama kepada korban, memberikan penyuluhan mengenai kegiatan PMR, dan menanamkan rasa simpati menolong tarhadap korban kecelakaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ekstrakulikuler, Palang Merah Remaja, waterfall, logika fuzzy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29592

Actions (login required)

View Item View Item