Integrasi Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Pada Sistem Informasi Perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor

Rismaya, Tamia (2014) Integrasi Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Pada Sistem Informasi Perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perpustakaan IPDN Jatinangor merupakan perpustakaan yang menyediakan berbagai koleksi buku, referensi dan berbagai macam CD tutorial serta CD-CD ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Pemerintahan. Pada saat ini, perpustakaan IPDN Jatinangor telah dikelola secara sistematis dengan adanya Sistem Informasi Perpustakaan yang digunakan sebagai penunjang program pendidikan di IPDN. Penerapan teknologi identifikasi di perpustakaan IPDN saat ini mengandalkan teknologi barcode untuk mengenali setiap koleksi bahan pustaka. Barcode dirasa belum mampu memenuhi kebutuhan akan identifikasi dari koleksi-koleksi yang dimiliki perpustakaan. Perpustakaan IPDN membutuhkan bantuan teknologi lain untuk proses identifikasi di perpustakaan karena dengan sistem perpustakaan yang masih menggunakan barcode tidak mampu memberikan kecepatan dan keakuratan data inputan. Penerapan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) pada perpustakaan dianggap sebagai solusi yang tepat atas berbagai kelemahan yang dimiliki oleh teknologi barcode karena teknologi tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan menggunakan teknologi barcode. Radio Frequency Identification (RFID) adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Integrasi Teknologi RFID pada Sistem Informasi Perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor dapat digunakan sebagai pelengkap proses identifikasi koleksi perpustakaan agar lebih cepat dan tingkat keamanan terhadap koleksi buku di Perpustakaan akan terjamin karena teknologi ini dilengkapi dengan sistem alarm pencurian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Perpustakaan, Barcode, RFID, Integrasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item View Item