Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Alat Kontrasepsi Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management di Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung

Rachmadianti, Dian (2014) Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Alat Kontrasepsi Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management di Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBP) Kabupaten Bandung merupakan badan yang dibawahi oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKBPP sendiri membawahi UPTKB sebanyak 31 UPTKB yang tersebar di Kabupaten Bandung. BKBPP melakukan penerimaan serta pengiriman alat kontrasepsi ke 31 UPTKB. Sampai saat ini BKBPP Kabupaten Bandung mengalami kesulitan dalam hal menentukan jumlah alat kontrasepsi dan jenis alat kontrasepsi untuk pengadaan ke BKKBN karena BKBPP sering mengalami keterlambatan dalam menerima jumlah kebutuhan alat kontrasepsi dari UPTKB. Sehingga dalam menentukan jumlah alat kontrasepsi dan jenis alat kontrasepsi untuk pengadaan ke BKKBN, BKBPP memesan jumlah alat kontrasepsi berdasarkan perkiraan kebutuhan. Berdasarkan permasalahan diatas untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem informasi distribusi alat kontrasepsi dengan pendekatan metode supply chain management di Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung. Tujuannya adalah memudahkan dalam menentukan jumlah alat kontrasepsi dan jenis alat kontrasepsi yang harus dipesan ke BKKBN dan membantu dalam mengendalikan data alat kontrasepsi yang keluar dan alat kontrasepsi yang masuk. Metode peramalan yang digunakan adalah single exponential smoothing. Perhitungan dalam menentukan jumlah persediaan alat kontrasepsi menggunakan Safety Stock. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu Kepala Gudang dalam memantau persediaan alat kontrasepsi, membantu Kepala Bidang KB dalam menentukan jumlah pengadaan alat kontrasepsi serta membantu Kepala BKBPP dalam memberikan persetujuan pemesanan dan pengadaan dan membantu Pihak BKKBN dalam persetujuan pemesanan dan pengiriman.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: single exponential smoothing, supply chain management, safety stock, monitoring persediaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item