Implementasi Algoritma Particle Swarm Optimization Untuk Perilaku Non Player Character Menyerang Secara Berkelompok

Baskara, Yoga (2014) Implementasi Algoritma Particle Swarm Optimization Untuk Perilaku Non Player Character Menyerang Secara Berkelompok.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Algoritma particle swarm optimization (PSO) pertama kali diperkenalkan oleh Kennedy dan R. Eberhart pada tahun 1995. Penelitian tentang algoritma PSO ini pernah dilakukan salah satunya oleh Safril Rizki Waluyo, Mochamad Hariadi dan I ketut Eddy purnama. Penelitian yang dilakukan kali ini adalah mengacu terhadap saran dari penelitian yang dilakukan oleh mereka bertiga. pada penelitian kali ini algoritma PSO diimplementasikan terhadap perilaku non player character (NPC) menyerang secara berkelompok pada game action RPG. Dalam model perilaku menyerang secara berkelompok setiap NPC dalam kelompok NPC akan memilih NPC mana yang menjadi pemimpin untuk diikuti NPC lain dalam mengejar karakter player, dengan itu timbul masalah bahwa setiap NPC dalam kelompok NPC tidak akan bisa begitu saja memilih NPC mana yang memiliki posisi terbaik untuk dijadikan pemimpin yang akan diikuti NPC lain dalam mengejar karakter player. Adapun parameter yang sangat berpengaruh terhadap perhitungan yang dilakukan salah satunya adalah nilai fitness dimana nilai fitness ini berpengaruh terhadap penentuan NPC mana yang menjadi pemimpin. Pada pengujian yang dilakukan terhadap beberapa parameter dari algoritma PSO yang berpengaruh terhadap game dengan sebelumnya disesuaikan dengan hasil dari game, menunjukkan bahwa dengan algoritma PSO setiap NPC dalam kelompok NPC dapat dengan tepat menentukan NPC mana yang menjadi pemimpin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game action-RPG PSO, Non player character, Menyerang secara berkelompok, particle swarm optimization
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29597

Actions (login required)

View Item View Item