Sistem Pendistribusian Bibit Tanaman di PT. Eka Karya Graha Flora

Singgih Apriyanto, Dwi (2014) Sistem Pendistribusian Bibit Tanaman di PT. Eka Karya Graha Flora. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Eka Karya Graha Flora adalah Perusahaan Swasta yang bergerak di bidang eksport dan import tanaman hias yaitu anggrek dan anthurium. Kantor Eka Karya Graha Flora telah berjalan selama ini dalam bidang eksport dan import tanaman hias ke berbagai negara khususnya di Asia dan kota-kota besar di indonesia. PT. Eka Karya Graha Flora memerlukan banyak persediaan tanaman hias untuk menunjang oprasional eksport dan import seperti anggrek phalenopsis, anggrek dendrobium, dan anthurium. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak operasional cabang dan marketing di PT. Eka Karya Graha Flora, karena letak dari ketiga cabang dan kantor pusat berbeda kota bagian operasional belum dapat mengatur stock tanaman dengan baik. Oleh sebab itu mangakibatkan sering terjadinya kesalahan pengiriman jumlah bibit tanaman yang terlalu banyak oleh kantor pusat. Karena bibit tanaman yang di distribusikan terlalu banyak sering sekali penurunan kualitas tanaman dan pada saat pemeliharaan tanaman satu dengan tanaman lainya saling berhimpitan sehingga sangat mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Selain itu, kantor pusat mengalami kendala dalam memperkirakan jumlah kebutuhan bibit tanaman yang harus di pesan kepada supplier untuk satu periode ke depan agar tidak terjadi penumpukan tanaman di setiap cabang. Masalah lain yaitu kantor pusat mengalami kendala waktu untuk pendistribusian bibit tanaman ke setiap cabang, karena pada bagian marketing saat ini kesulitan untuk mengetahui stock tanaman yang ada di setiap cabang. Berdasarkan uraian di atas, maka didapatkan solusi bahwa PT. Eka Karya Graha Flora membutuhkan sistem informasi pendistribusian bibit tanaman dari kantor pusat ke cabang dan mengawasi persediaan tanaman serta mengelola informasi persediaan stock tanaman dengan akurat, cepat dan tepat, agar kantor pusat dengan mudah mengetahui persediaan barang di setiap cabang dan memudahkan kantor pusat untuk mendistribusikan bibit tanaman dengan baik satu periode kedepan. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem pendistribusian yang membangun dapat membantu kepala produksi dalam merencanakan pembelian bibit tanaman untuk satu periode mendatang, membantu marketing dalam pendistribusian bibit tanaman ke setiap cabang nya dan dapat mengimplementasikan metode Moving Average ke dalam sistem. Namun perlu adanya pengembangan dan pemilaharaan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, Tanaman Hias, Stock, Supplier, Sistem Pendistribusian Bibit Tanaman di PT. Eka Karya Graha Flora
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29603

Actions (login required)

View Item View Item