Implementasi Algoritma Fuzzy Logic Pada Game Peranan Jaksa Penuntut

Saepudin, Asep (2014) Implementasi Algoritma Fuzzy Logic Pada Game Peranan Jaksa Penuntut.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Logika Fuzzy merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran (fuzzyness) antara benar atau salah. Dalam teori logika fuzzy suatu nilai bisa bernilai benar atau salah secara bersama. Namun berapa besar keberadaan dan kesalahan suatu tergantung pada bobot keanggotaan yang dimilikinya. Logika fuzzy memiliki derajat keanggotaan dalam rentang 0 hingga 1. Logika fuzzy dalam game biasanya digunakan dalam pergerakan NPC atau musuh dalam sebuah permainan yang terdiri dari beberapa kondisi agar NPC itu sendiri dapat melakukan aksi atau tingkah laku yang akan mendukung permainan tersebut.. Dalam pembangunan game peranan jaksa penuntut ditemukan masalah bagaimana hakim bisa mengambil keputusan dalam menentukan hukuman kepada terdakwa. Sehingga perlu dibutuhkan suatu algoritma yang dapat di implemantasikan pada NPC hakim. Dalam menentukan keputusan yang dilakukan oleh hakim, dibutuhkan beberapa masukan yang mendukung keputusan tersebut agar pengambilan keputusan bisa berjalan dengan baik. Game yang akan di bangun ini memiliki latar belakang proses persidangan dimana pemain bereperan sebagai seorang jaksa penuntut yang bertugas memberikan hukuman yang berat kepada terdakwa. Dalam memberikan hukuman kepada terdakwa, pemain harus melakukan proses yang menjadi masukan dalam menentukan keputusan yaitu memilih saksi yang sesuai dengan kasus terdakwa, memilih pasal yang sesuai dengan kasus terdakwa dan harus bisa menganalisa pernyataan saksi dari pihak terdakwa sehingga pemain bisa memberikan hukuman yang berat kepada terdakwa. Adapun model yang digunakan dalam logika fuzzy yaitu model sugeno. Setelah tahap implementasi selesai, maka dilakukan tahap pengujian terhadap aplikasi Implementasi algoritma fuzzy logic pada game peranan jaksa penuntut. Pengujian ditujukan pada tingkat kesesuaian nilai defuzzifikasi dengan perilaku yang sudah ditetapkan. Setelah dilakukan pengujian didapatkan kesimpulan bawha rule �� rule yang di uji sesuai dengan perancangan dan logika Fuzzy dapat mereprentasikan pengambilan keputusan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: game, logika fuzzy,NPC, defuzzifikasi, algoritma, keputusan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29605

Actions (login required)

View Item View Item