Membangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pelajaran Matematika

Eki Hermansyah, Dery (2014) Membangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pelajaran Matematika.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangun ruang merupakan salah satu materi pada mata pelajaran matematika tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XI. Materi ini membahas tentang mengenal bangun-bangun ruang seperti kubus, balok, tabung, kerucut, prisma, limas dan bola. Menurut hasil observasi awal ke beberapa siswa khususnya kelas XI yang menyatakan bahwa materi bangun ruang merupakan materi yang sulit untuk dipahami. Dimana matematika muncul dari kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, bangun-bangun ruang dan datar pada dasarnya didapat dari benda-benda kongkret dengan melakukan proses abstraksi dan idealisasi dari benda-benda nyata. Pembelajaran yang diberikan guru khususnya materi bangun ruang masih kurang dipahami karena siswa hanya melihat bentuk bangun ruang yang diterima kurang jelas karena tidak adanya alat peraga yang berbentuk menyerupai bentuk-bentuk bangun ruang, yaitu guru masih menggambar bangun-bangun ruang di papan tulis yang masih keliihatan abstrak.Aplikasi ini berbentuk desktop berbasis teknologi augmented reality, dimana aplikasi yang dibuat akan menampilkan objek-objek 3D dari bentuk-bentuk bangun ruang dan materi dari setiap bangun ruang. Aplikasi yang dibangun menggunakan Openspace 3D, 3dsMax untuk membuat objek-objek 3D dan Adobe Flash CS3 untuk membuat interface aplikasi. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbox dan kuesioner.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran augmented reality untuk materi bangun ruang sudah cukup untuk membantu guru dalam menyampaikan materi bangun ruang sebagai pembelajaran yang lebih efektif dan siswa merasa lebih dapat memahami materi bangun ruang melalui proses penyampaian materi yang guru berikan dengan aplikasi pembelajaran berbasis augmented reality.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bangun ruang, Membangun aplikasi pembelajaran bangun ruang 3d berbasis augmented reality (AR) untuk pelajaran matematika
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item