Pembangunan Sistem Tryout Untuk Mengetahui Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Materi Berbasis Web (Studi Kasus SMK Negeri 11 Bandung)

Aranta Sonia Br Purba, Geby (2014) Pembangunan Sistem Tryout Untuk Mengetahui Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Materi Berbasis Web (Studi Kasus SMK Negeri 11 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ujian nasional merupakan salah satu kegiatan dari pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan tiap akhir tahun ajaran yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII (dua belas). Akan tetapi pihak guru pun megalami kesulitan untuk mengetahui kebenaran bahwa materi yang telah disampaikan sudah dimengerti oleh siswa. Pihak sekolah pun tidak bisa mengetahui sejauh mana siswa-siswi SMK Negeri 11 Bandung siap untuk melaksanakan Ujian Nasional. Guru tidak mengetahui bab materi mana yang tidak dimengerti oleh siswa, sehingga pada saat jam tambahan yang diadakan disekolah besar kemungkinannya untuk guru menerangkan materi yang sudah dimengerti oleh siswa. Dibutuhkan waktu yang lebih lama oleh pihak sekolah untuk pemerikasaan hasil jawaban siswa, sehingga siswa harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya. Ujian yang dibuat oleh guru seringkali mendapatkan hasil ujian dimana hampir seluruh siswa mendapatkan nilai rendah dan nilai yang tinggi, ini bisa terjadi karena soal-soal yang diberikan sangatlah mudah atau sangat sukar. Sistem tryout ini pun terdapat fungsionalitas nilai tingkat pemahaman materi pada suatu mata pelajaran. Sehingga guru bisa dapat mengetahui materi mata pelajaran yang mana saja yang belum dimengeri oleh siswa. Sistem tryout ini juga terdapat fungsionalitas analisis butir soal secara tingkat kesukaran. Dimana tiap soal yang digunakan diuji kelayakan soal nya dari tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil pengujian, sistem ini dinilai sudah cukup baik dalam melakukan proses tryout dengan soal yang diacak dan langsung menyajikan hasil tryout berupa nilai dan jumlah kelulusan siswa yang mengikuti tryout. Sistem tryout ini dapat memudahkan pihak sekolah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siswa-siswi SMK Negeri 11 Bandung dalam menghadapi Ujian Nasional. Sistem ini juga diharapkan dapat membantu guru untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman materi yang dipahami maupun yang belum dipahami, sehingga pada saat jam tambahan guru akan langsung menerangkan materi yang belum dimengerti oleh siswa. Aplikasi ini membantu guru untuk memeriksa hasil jawaban dengan cepat dan diharapkan memudahkan analisis kualitas soal sehingga dapat membantu guru dalam mengoreksi sistem belajarnya dengan kondisi soal yang sulit dan membantu bidang kurikulum dalam proses perhitungan secara cepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tryout, sistem tryout,ujian nasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item View Item