Analisis dan implementasi multi router traffic grapher (MRTG) sebagai network monituring system dan manajemen bandwidth menggunakan metode queue tree di PPPPTK IPA Bandung

Hilmansyah, Alvin (2015) Analisis dan implementasi multi router traffic grapher (MRTG) sebagai network monituring system dan manajemen bandwidth menggunakan metode queue tree di PPPPTK IPA Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA Bandung (PPPPTK) merupakan dinas pemerintahan yang berfungsi sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang memiliki tugas untuk meningkatkan dan memberdayakan kompetensi PTK khususnya di bidang IPA. Tugas pokok dari dinas PPPPTK IPA Bandung adalah meningkatkan kualitas SDM bagi tenaga teknis dan tenaga fungsional pendidik melalui berbagai kegiatan formal dan nonformal lainnya baik di dalam maupun di luar negeri. Di dalam dinas PPPPTK IPA Bandung terdapat 9 bagian struktur organisasi dimana didalamnya terdapat 116 user aktif menggunakan fasilitas internet didalam jaringan dinas PPPPTK IPA Bandung. Untuk memenuhi tugas pokok dari dinas PPPPTK IPA Bandung, maka setiap pegawai dinas membutuhkan koneksi internet yang optimal sesuai dengan kebutuhan kerja dari setiap bagian. Permasalahan yang dialami saat ini adalah administrator jaringan tidak mengetahui secara spesifik konsumsi bandwidth dari setiap bagian sehingga tidak dapat dilakukannya alokasi bandwidth yang optimal sesuai dengan kebutuhan dari setiap bagiannya. Multi Router Traffic Grapher dapat digunakan sebagai media penyedia informasi mengenai konsumsi bandwidth dari setiap bagian sehingga administrator jaringan mendapatkan informasi yang spesifik mengenai konsumsi bandwidth dari setiap bagian yang ada di dalam struktur organisasi dinas PPPPTK IPA Bandung. Untuk optimalisasi, alokasi bandwidth dilakukan dengan metode queue tree sehingga alokasi yang telah diberlakukan akan diberikan secara adil dan rata kepada setiap pegawai dinas sesuai dengan kebutuhan dari setiap bagiannya. Hasil uji dari aplikasi ini menunjukkan bahwa sistem dapat membantu administrator jaringan untuk mendapatkan informasi mengenai konsumsi bandwidth dan membantu alokasi bandwidth sesuai dengan kebutuhan dari pegawai dinas PPPPTK IPA Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MRTG, Bandwidth, Queue Tree, alokasi bandwidth
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29628

Actions (login required)

View Item View Item