Pengaruh Minat Perilaku Wajib Pajak Terhadap Efektivitas E-Filing dan Implikasinya Terhadap Kepatuhan Formal Perpajakan (Survei pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Bank Mega Regional Bandung)

Savitri Agustin, Rieke (2014) Pengaruh Minat Perilaku Wajib Pajak Terhadap Efektivitas E-Filing dan Implikasinya Terhadap Kepatuhan Formal Perpajakan (Survei pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Bank Mega Regional Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kepatuhan formal perpajakan yang dinilai dari pelaporan SPT mencakup kelengkapan SPT dan pelaporan tepat waktu masih rendah. Tersedianya e-filing sebagai sarana mudah pelaporan masih belum efektif dalam membantu Wajib Pajak dalam melaporkan SPT, karena konten dalam e-filing masih sulit digunakan oleh Wajib Pajak. Untuk mengefektifkan e-filing dapat dilakukan dengan meningkatkan minat perilaku Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat perilaku wajib pajak terhadap efektivitas e-filing dan implikasinya terhadap kepatuhan formal perpajakan. Penelitian ini dilakukan pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang sudah menggunakan e-filing di Bank Mega Regional Bandung, yaitu sebanyak 80 Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan metode analisis Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM - PLS). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) minat perilaku Wajib Pajak mempengaruhi efektivitas e-filing dan (2) efektivitas e-filing mempengaruhi kepatuhan formal perpajakan. Hal ini menunjukkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil ini mendukung teori-teori penghubung, juga mendukung serta mengembangkan kembali hasil penelitian sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat Perilaku Wajib Pajak, Efektivitas E-filing, Kepatuhan Formal Perpajakan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29637

Actions (login required)

View Item View Item