Pembangunan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat huruf dan angka untuk penyandang disabilitas tunarungu berbasis dekstop studi kasus di slb b cicendo bandung

Kurniawan, Dani (2015) Pembangunan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat huruf dan angka untuk penyandang disabilitas tunarungu berbasis dekstop studi kasus di slb b cicendo bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Luar Biasa bagian B (SLB-B) Cicendo Bandung adalah sekolah untuk penyandang disabilitas tunarungu. Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa bagian B (SLB-B) Cicendo khususnya kelas 6 SDLB, siswa sering mengalami kendala dalam mengingat materi yang diajarkan terutama pada saat belajar berhitung, Selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam mengingat kata sehari-hari dan untuk membantunya siswa harus dibimbing bahasa isyaratnya dengan artikulasi yang jelas dan bahasa isyarat yang benar, namun kendala yang ada tidak cukup sekali siswa dapat langsung mengerti, tetapi harus berulang-ulang hingga benar-benar mengerti. Namun metode belajar ini kadang membuat siswa merasa jenuh.Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran bahasa isyarat huruf dan angka untuk penyandang tunarungu berbasis dekstop, yang didalamnya berisi kamus bahasa isyarat, isyarat huruf dan angka juga dilengkapi latihan sebagai bahan evaluasi siswa. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall. Bahasa pemprogramanya Action Script 3.0 menggunakan tools Adobe Flash 6.Didukung dengan tersedianya komputer disekolah. Aplikasi ini nantinya bisa digunakan disekolah maupun dirumah sebagai media belajar yang interaktif. Dengan adanya aplikasi pembelajaran bahasa isyarat huruf dan angka ini membuat belajar jadi lebih menarik dan menyenangkan ,menambah kosakata kamus bahasa isyarat, dan dapat mengerti bahasa isyarat huruf dan angka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Isyarat, Penyandang Tunarungu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item