Pembangunan Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kota Cirebon

Asep Septian, Muhamad (2014) Pembangunan Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kota Cirebon.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Kesehatan adalah unsur pelaksana otonomi daerah di bidang kesehatan yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas. Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi fungsional atau unit pelaksana teknis daerah (UPTD) yang langsung memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat. Kegiatan evaluasi merupakan suatu proses penting dalam suatu lembaga atau instansi tertentu. Dinas Kesehatan Kota Cirebon dalam mengevaluasi kinerja dari Puskesmas adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pasien disetiap puskesmas. Permasalah yang terjadi di Sub Bagian Program dan Pelaporan yang bertugas dalam hal pengolahan hasil kuesoner ini, saat ini dalam hal pengolahan hasil kuesoner dilakukan menggunakan aplikasi spss dengan banyaknya jumlah hasil kuesoner dari 22 Puskesmas menyebabkan dalam pengolahan hasil kuisoner kepuasaan pasien kurang berjalan secara maksimal karena banyaknya data hasil kuisoner yang harus diolah. Metodologi pembangunan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem informasi evaluasi berbasis website ini adalah metode Waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Perancangan analisis pembangunan perangkat lunak di Puskesmas Kota Cirebon ini adalah analisis terstruktur yaitu pembuatan Entity Relation Diagram (ERD) dan pembuatan Data Flow Diagram (DFD). Dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data. Dengan adanya sistem informasi evaluasi berbasis website ini dapat membantu bagian Sub Bagian Program dan Pelaporan dalam pengolahan hasil kuisoner pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan di setiap Puskesmas untuk dievaluasi, serta bisa mengetahui pelayanan operasional apa saja yang harus ditingkat dari suatu UPTD Puskesmas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi evaluasi pelayanan kesehatan, evaluasi, UPTD puskesmas kota cirebon
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29656

Actions (login required)

View Item View Item