Sistem Monitoring dan Evaluasi Kedisiplinan Praja di Bagian Pengasuhan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor

Nindy Anggraini, Mentari (2014) Sistem Monitoring dan Evaluasi Kedisiplinan Praja di Bagian Pengasuhan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Semua kegiatan praja setiap hari harus dibimbing dan diawasi oleh pengasuh agar pelaksanaan peraturan tata tertib dan penegakan disiplin praja bisa dijalankan sesuai yang diinginkan yang kemudian akan dijadikan bahan evaluasi kedisiplinan praja oleh Kepala Bagian Pengasuhan di Bagian Pengasuhan. Permasalahan yang dihadapi adalah Kepala Bagian Pengasuhan memiliki keterbatasan dalam mengetahui tingkat kedisiplinan praja yang terkait dengan pemberian atau penetapan nilai kedisiplinan praja dari setiap parameter kedisplinannya seperti kehadiran kegiatan dan ketertiban wisma. Ini disebabkan banyak praja yang bermasalah tetapi sering kali terlewatkan untuk di berikan tindakan kedisiplinan, karena data monitoring kedisiplinan praja tidak tercatat secara keseluruhan dengan baik. Akibatnya Kepala Bagian Pengasuhan kesulitan untuk menentukan jenis sanksi sesuai tingkat kedisiplinan masing-masing. Sistem monitoring dan evaluasi kedisiplinan praja merupakan solusi yang tepat untuk menjawab masalah tersebut. Dengan menggunakan acuan dari peraturan menteri yang ada di IPDN Jatinangor dan dengan konsep dashboard untuk monitoring dan evaluasi kedisiplinan praja ini diharapkan dapat membantu mempermudah monitoring dan evaluasi kedisiplinan praja. Kelebihan dari sistem informasi ini adalah website yang dapat diakses secara online dapat menyampaikan informasi langsung kepada kepala bagian pengasuhan tanpa harus menunggu laporan dari setiap pengasuh. Berdasarkan hasil pengujian sistem, sistem monitoring dan evaluasi kedisiplinan praja ini telah mampu membantu bagian pengasuhan dalam monitoring kedisiplinan praja sehingga kepala bagian pengasuhan dapat dengan mudah menentukan tingkat kedisiplinan, jenis sanksi, dan informasi kedisiplinan praja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring dan Evaluasi, Monitoring, Evaluasi, Dashboard
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item