Media pembelajaran untuk melatih keterampilan membaca kosakata (vocabulary) bahasa inggris untuk anak sekolah dasar dengan memanfaatkan google speech api

Tb, and Najiyullah, Aaz (2015) Media pembelajaran untuk melatih keterampilan membaca kosakata (vocabulary) bahasa inggris untuk anak sekolah dasar dengan memanfaatkan google speech api.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Memasuki era globalisasi, bahasa Inggris tidak dianggap sesuatu yang asing lagi bagi pelajar di Indonesia. Bahasa Inggris yang semula diperkenalkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), sekarang sudah diperkenalkan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) bahkan siswa yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak atau play group sudah mulai diperkenalkan dengan bahasa asing ini walau konteks pembelajarannya masih belajar sambil bermain. Sejak kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) hingga kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris di SD (Sekolah Dasar) statusnya sama dengan bahasa daerah atau muatan lokal (mulok). Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah, termasuk keunggulan daerah. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan. Permasalahan yang banyak dijumpai yaitu banyak siswa SD yang mengalami kesulitan dalam membaca dan melafalkan kosakata bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan ejaan bahasa Inggris. Media pembelajaran bahasa Inggris ini dibangun untuk sarana alternatif siswa dalam melatih keterampilan membaca dan melafalkan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris. Media pembelajaran ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, Javascript dan CSS. Teknik pengumpulan data dengan cara studi literatur, observasi dan wawancara, sedangkan metode pembuatan perangkat lunak menggunakan pemodelan waterfall. Adapaun metode analisis yang digunakan adalah analisis terstruktur, dengan pemodelan data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) serta pemodelan fungsionalnya menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap media pembelajaran bahasa Inggris, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris tampilannya menarik dan membantu siswa SD dalam melatih pelafalan kosakata (vocabulary).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mata pelajaran bahasa Inggris, kosakata, media pembelajaran, Sekolah Dasar, waterfall
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item