Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur Sub Sektor Kosmetik dan Perlengkapan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2012

Kelana, Ivan (2014) Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur Sub Sektor Kosmetik dan Perlengkapan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2012. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan perusahaan adalah mengoptimalkan nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan menggambarkan semakin sejahtera pula pemiliknya. Nilai perusahaan akan tercermin dari harga pasar sahamnya. Salah satu hal yang menentukan nilai perusahaan adalah struktur kepemilikan perusahaan. Struktur kepemilikan dipercaya mampu mempengaruhi jalannya perusahaan yang pada akhirnya berpengaruh pada kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu maksimalkan nilai perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Struktur Kepemilikan Institusional (INST), Kebijakan Dividen (DPR) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah pada perusahaan sub sektor kosmetik dan perlengkapan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2003-2012. Sedangkan sampel yang diambil sebagai objek penelitian yaitu sebanyak 3 (tiga) perusahaan dengan menggunakan pooled data sebanyak 30 data dan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia untuk data internal perusahaan diantaranya Struktur Kepemilikan Institusional (INST), Kebijakan Dividen (DPR) dan Nilai Perusahaan (PBV) tahun 2003 �� 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling dominan terhadap nilai perusahan pada perusahaan sub sektor kosmetik dan perlengkapan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2003 -2012 adalah Struktur Kepemilikan Institusional (INST) sebesar 78,8%. Sedangkan secara bersama-sama Struktur Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sebesar 75,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29664

Actions (login required)

View Item View Item