Pengaruh Kebijakan Hutang dan Kepemilikan Intitusional Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rizal Nurman Salam, Muhamad (2014) Pengaruh Kebijakan Hutang dan Kepemilikan Intitusional Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebijakan dividen memiliki peranan sangat penting karena mempengaruhi kesempatan investasi perusahaan, harga saham, struktur finansial, arus pendanaan dan posisi likuiditas. Dengan kata lain, kebijakan dividen menyediakan informasi mengenai performa (performance) perusahaan. Bahwa nilai Kepemilikan Insitusional dari ketiga perusahaan sektor semen cenderung stabil setiap tahunnya. Namun pada perusahaan PT. Indocement di tahun 2010 sektor nilai Kebijakan Hutangnya menurun lalu diimbangi juga dengan Kebijakan Dividennya yang cenderung ikut juga menurun. Lalu pada perusahaan PT. Semen Gresik yang kebijakan hutangnya menurun diikuti juga dengan kebijakan dividennya yang menurun kejadian tersebut terjadi pada tahun 2009. Lalu yang parahnya pada perusahaan PT. Holcim Indonesia dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2009 pihak perusahaan tidak membagikan atau membayarkan dividennya kepada para pemegang saham, hal itu di karenakan nilai hutangnya rata-rata yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan hubungan secara parsial antara Kebijakan Hutang dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif (kualitatif) dan verifikatif (kuantitatif). Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa Laporan Keuangan (Annual Report) dan ICMD perusahaan sektor semen periode tahun 2003-2012. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, korelasi, determinasi, uji t. Dengan menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for windows sebagai alat analisis. Hasil analisis Secara parsial Kebijakan Hutang berpengaruh tidak signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Serta Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap Kebijakan Dividen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Hutang, Kepemilikan Institusional, dan Kebijakan Dividen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29673

Actions (login required)

View Item View Item