Pengaruh Likuiditas dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Umum Swasta Nasional yng Terdaftar di BEI Periode 2008-2013

Prayudhanto, Haryo (2014) Pengaruh Likuiditas dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Umum Swasta Nasional yng Terdaftar di BEI Periode 2008-2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu alat ukur likuiditas yaitu cash ratio, Dalam dunia perbankan cash ratio harus berada pada tingkat yang tepat, sehingga mempunyai kinerja yang baik untuk membayar kewajiban jangka pendek maupun untuk meningkatkan profitabilitas (ROI). CAR merupakan indikator terhadap kemampuan bank untuk menutupi penurunan aktivanya sebagai akibat dari kerugian-kerugian bank yang disebabkan oleh aktiva yang berisiko. Jika nilai tingkat kecukupan modal (CAR) tinggi maka bank tersebut mampu membiayai kegiatan operasional dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas (Cash Ratio), tingkat kecukupan modal ( Capital Adequacy Ratio- CAR) terhadap profitabilitas (ROI) pada perusahaan perbankan swasta nasional yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Sedangkan sampel yang diambil sebagai objek penelitian yaitu sebanyak 6 (enam) perusahaan perbankan umum swasta nasional yang terdaftar di BEI dengan menggunakan pooled data sebanyak 36 data. Alat analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan uji-f dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Likuiditas dan Tingkat kecukupan modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas . Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien determinasi dimana : secara bersama-sama (simultan) likuiditas (Cash Ratio) dan tingkat kecukupan modal (CAR) memberikan pengaruh sebesar 8,6% pada perusahaan perbankan umum swasta nasional yang terdaftar di BEI. Likuiditas (Cash Ratio) memberikan pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 2,1% pada perusahaan perbankan swasta nasional yang terdaftar di BEI dan Tingkat kecukupan modal (CAR) memberikan pengaruh pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 6,5% pada perusahaan perbankan umum swasta nasional yang terdaftar di BEI, dan 91,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cash ratio, CAR and Profitability (ROI)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item