Membangun Aplikasi Ground Control Station Sebagai Visualisasi Posisi Global Muatan Roket (Payload) di Bumi Pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia

Sugimiyanto, (2014) Membangun Aplikasi Ground Control Station Sebagai Visualisasi Posisi Global Muatan Roket (Payload) di Bumi Pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kategori muatan roket merupakan salah satu kategori kompetisi dari KOMURINDO yang diselenggarakan oleh DIKTI bekerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Naional) dan institusi tertentu. Muatan roket yang selanjutnya disebut payload, merupakan sebuah tabung berbentuk silinder yang berperan seperti halnya satelit yang memiliki fungsi tertentu namun dalam bentuk yang lebih kecil, payload yang jatuh ke bumi beserta parasut setelah diluncurkan oleh roket melakukan tugas dan fungsinya yaitu memantau dan mengambil gambar udara dari ketinggian +/-900 meter di atas permukaan air laut, sesuai dengan tema KOMURINDO yaitu high rate attitude monitoring and surveillance. Setelah melakukan misinya, payload jatuh ke bumi tanpa kontrol, tidak jarang payload hilang dan tidak diketahui lokasinya walau sudah dicari, bahkan ada payload yang tidak separasi atau tidak keluar dari dalam badan roket. Sistem informasi ground control station yang sudah ada sebelumnya dapat memenuhi misi diatas, namun belum dapat memantau posisi atau keberadaan payload di bumi. Untuk itu penulis bermaksud merancang sebuah Sistem Informasi Ground Control Station sebagai visualisasi posisi global payload yang menambahkan global posisioning system. Sistem ini dikembangkan dengan menganalisis alir proses sistem yang sudah ada sebelumnya, dikembangakan dengan model pengembangan prototype, menggunakan bahasa pemrograman berbasis grafik LabVIEW. Dengan adanya sistem ini diharapkan posisi global payload dapat diketahui secara real-time dan tepat serta meminimalisir hilangnya payload yang menyebabkan kerugian materi, selain itu bisa digunakan untuk tujuan pengembangan ataupun pembelajaran baik akademik maupun umum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: KOMURINDO, payload, ground control station, global positioning system, LabVIEW
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29680

Actions (login required)

View Item View Item