Sistem Informasi Pengolahan Data Organisasi Masyarakat Himpunan Putra-Putri Keluarga TNI-AD Kabupaten Bandung Barat (HIPAKAD KBB)

Fitrian Dwi Cahya, Afrizal (2014) Sistem Informasi Pengolahan Data Organisasi Masyarakat Himpunan Putra-Putri Keluarga TNI-AD Kabupaten Bandung Barat (HIPAKAD KBB).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Organisasi Masyarakat HIPAKAD KBB adalah salah satu organisasi yang berada di Bandung Barat. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan keluarga TNI. Di dalam perkembangannya, HIPAKAD KBB belum menggunakan sistem komputer untuk proses pengolahan data. Saat ini HIPAKAD KBB masih melakukan proses pengerjaan yang sifatnya manual, meliputi bagian keanggotaan, sekretaris dan keuangan. Dari bagian keanggotaan data anggota, dan status anggota yang tidak jelas. Dari bagian sekretaris yang melakukan validasi persetujuan proposal yang memakan waktu. Dari bagian keuangan proses peamasukan, pengeluaran, dan pencairan dana masih manual. Serta pembuatan Laporan anggota dan keuangan yang masih manual. Dengan berbagai kekurangan tersebut, sudah saatnya HIPAKAD KBB memakai suatu software untuk memudahkan kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem informasi berbasis desktop, mengetahui implementasi sistem dan mengetahui analisis, serta pengujian program pada Organisasi HIPAKAD KBB. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada organisasi HIPAKAD KBB, serta teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi sumber data promer yaitu dengan cara observasi langsung ke tempat dan wawancara dengan pimpinan organisasi. Metode pendekatan yang digunakan yaitu dengan metode terstruktur dan metode pengembangan sistem informasi berbasis desktop yang dibuat menggunakan metode prototype, dengan alat bantu analisis perancangan sistem berupa flowmap, diagram konteks, DFD dan alat perancangan database yang diusulkan berupa ERD. Sedangkan pembuatan perangkat lunak ini penulis menggunakan perangkat lunak Netbean untuk program, My SQL untuk database, dan iReport untuk laporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi pengolahan data berbasis desktop dapat membantu organisasi dalam kegiatannya, serta mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antar muka dari aplikasi yang dihasilkan, Tahapan akhir adalah pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan metode blackbox.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, pengolahan data, organisasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item