Analisis dan Pengukuran Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Penerimaan Penerapan Sistem Input Nilai Dosen (SINDO)

Nugraha, Eki (2014) Analisis dan Pengukuran Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Penerimaan Penerapan Sistem Input Nilai Dosen (SINDO).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi sistem informasi yang berkembang semakin cepat mempengaruhi kegiatan usaha manusia di bidang bisnis. Sehingga begitu pentinggnya menggunakan sistem informasi untuk mendukung unit-unit usaha mereka, hal ini juga berlaku di institusi pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu institusi yang memiliki sistem informasi yang perlu dikaji dalam penggunaannya. Salah satu sistem informasi di UPI adalah Sistem Input Nilai Dosen (SINDO) merupakan sistem informasi yang sangat penting dan kritis, khususnya untuk mahasiswa dalam memperoleh informasi nilai yang dipandang masih belum optimal dimanfaatkan oleh dosen dalam penggunaannya. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Subyek penelitian yang digunakan adalah para dosen di Universitas Pendidikan Indonesia. Dari 100 kuisioner yang dikirim, diperoleh responden sebanyak 82 exemplar atau tingkat pengembalian sebanyak 84%. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode Component Based Structural Equation Model atau Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TAM dapat menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi penerimaan penerapan SINDO di UPI yaitu variabel kemanfaatan mempengaruhi penerimaan penggunaan SINDO namun kemudahan penggunaan tidak mempengaruhi penerimaan penggunaan SINDO. Sedangkan mempergunakan model EUCS, variabel-variabel isi, akurasi, dan kemudahan mempengaruhi penerimaan penggunaan SINDO. Sedangkan variabel bentuk dan ketepatan waktu tidak mempengaruhi penerimaan penggunaan SINDO di UPI. Serta juga menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan proses penerapan SINDO dari segi pengguna dan pengelola sistem informasi serta dari segi kebijakan-kebijakan dalam penerapan SINDO.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SINDO, TAM, EUCS, PLS
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item