Pengembangan Standar Operasi Prosedur Pelayanan Akademik di Program Studi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia

Halim, Wandi (2014) Pengembangan Standar Operasi Prosedur Pelayanan Akademik di Program Studi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada masa globalisasi ini, banyak perusahaan yang saling bersaing untuk menjadi yang terbaik di mata konsumen. Perusahaan dipaksa untuk terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan dengan berbagai cara. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan membuat standar operasi prosedur (SOP). Universitas Komputer Indonesia (Unikom), merupakan salah satu institusi pendidikan yang ikut merasakan persaingan pada masa globalisasi ini. Sehingga pengembangan SOP Unikom perlu dilakukan. SOP akan dikembangkan menjadi prosedur yang tertulis dan terdokumentasi sesuai dengan standar ISO 9001:2008. SOP pelayanan akademik yang menjadi bahan penelitian adalah SOP pelayanan akademik di lingkungan Program Studi Teknik Industri yang terdiri dari enam bagian, yakni perwalian, perkuliahan, evaluasi perkuliahan, kerja praktek, tugas akhir, dan transkrip nilai. Dalam pengembangan SOP ini, menggunakan metode wawancara untuk memperoleh informasi tentang alur kegiatan pelayanan administrasi akademik di Prodi Teknik Industri. Alur kegiatan yang dikumpulkan digambarkan kedalam bentuk flow diagram untuk memperjelas jalannya kegiatan kemudian diberikan deskripsi tentang kegiatan tersebut. Setelah semua alur kegiatan awal digambar dan dideskripsikan, dilakukan perbaikan dengan berdasarkan standar yang telah dikumpulkan juga sebelumnya. Setelah alur kegiatan awal dan perbaikan selesai, dilakukan analisis perbandingan untuk memahami perubahan dan pengembangan yang terjadi pada kegiatan tersebut. Sehingga diperoleh bagian mana saja yang dilakukan perbaikan dan pengembangan pada setiap alur kegiatan. Dari pengembangan SOP ini dihasilkan SOP Pelayanan Akademik yang terdokumentasi dalam bentuk dokumen tertulis dan terkendali sesuai dengan ISO 9001:2008 tentang manajemen mutu. Prosedur yang dikembangkan terdiri dari lima prosedur utama dan satu prosedur tambahan, yang terdiri dari perwalian, perkuliahan, ujian, kerja praktek, tugas akhir, dan transkrip nilai. Diharapkan SOP yang telah dikembangkan ini dapat diterapkan baik oleh pegawai universitas maupun mahasiswa dan dapat dikembangkan lagi menjadi lebih baik sehingga konsep continuous improvement dapat diterapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Standar Operasi Prosedur, Flow Diagram, Program Studi, ISO 9001:2008, Kualitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29691

Actions (login required)

View Item View Item