Implementasi Logika Fuzzy Sebagai Representasi Kepuasan Pelanggan Pada Game Tukang Bakso

Handarini, Geanissa (2014) Implementasi Logika Fuzzy Sebagai Representasi Kepuasan Pelanggan Pada Game Tukang Bakso. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Selama ini representasi kepuasan biasanya menggunakan logika fuzzy model mamdani sebagaimana dijelaskan dalam jurnal yang berjudul ��Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Pelayanan, Harga dan Kualitas Makanan Menggunakan Fuzzy Mamdani�� yang dilakukan oleh Nuraida, Iryanto, Djakaria Sebayang dari Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Sumatera Utara, Medan adalah untuk menentukan domain himpunan fuzzy yang dilakukan untuk menentukan skor dari setiap kriteria yang diberikan koresponden melalui kuesioner. Representasi kepuasan dibutuhkan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas pelayanan agar kualitas pelayanan semakin baik. Maka dari itu dibuatlah game simulasi ini sehingga dapat merepresentasikan kepuasan pelanggan. Logika Fuzzy model sugeno merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Dengan berdasarkan logika fuzzy model sugeno akan menghasilkan suatu logika yang mampu menganalisa kepuasan konsumen pada game. Game yang dikembangkan ini bergenre Time Management, dimana pemain yang mengatur jalannya permainan sehingga keinginan atau target tercapai. Pada game ini pemain harus mengumpulkan ekspresi wajah pelanggan yang puas, dengan cara melayani pelanggan dari mulai menempatkan pelanggan pada kursi kosong, mengantarkan makanan dan minuman secepat mungkin sehingga tidak melewati batas waktu yang ditentukan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian untuk mengetahui kesesuaian antara waktu yang didapatkan dari game yang sedang dimainkan dengan aturan-aturan fuzzy yang telah dibuat. Berdasarkan hasil yang didapatkan dalam penelitianini diperoleh kesimpulan bahwa Logika Fuzzy dapat menyesuaikan input dan outputnya sehingga dapat merepresentasikan kepuasan pelanggan dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: game, logika fuzzy, fuzzy logic, representasi,kepuasan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29698

Actions (login required)

View Item View Item