Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Tingkat Inflasi Terhadap Penerimaan Pajak (Survei Pada Provinsi Jawa Barat Periode 2008-2012)

Herdiana Rachman, Encep (2014) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Tingkat Inflasi Terhadap Penerimaan Pajak (Survei Pada Provinsi Jawa Barat Periode 2008-2012).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak memberi kontribusi yang besar terhadap penerimaan negara. Kontribusi pajak tersebut selalu meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Namun pada tahun 2013 realisasi penerimaan pajak belum mencapai target yang telah ditetapkan sedangkan pada saat bersamaan Produk domestik bruto meningkat dan angka inflasi turun. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk domestik regional bruto (PDRB) dan tingkat inflasi terhadap penerimaan pajak di Provinsi Jawa Barat. Dalam tulisan ini, Penulis membatasi pada variabel-variabel yang bersifat makro tanpa melihat system administrasi perpajakan dan kemampuan aparat perpajakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Analisis dan Verifikatif. Populasi pada 7 KPP dengan target populasi pada 7 kota di Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan sampel jenuh. Pengujian statistik menggunakan analisis korelasi parsial, regresi linear berganda dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk domestik regional bruto memiliki pengaruh positif terhadap penerimaan pajak, dengan memiliki hubungan yang sangat sangat kuat. Sedangkan tingkat inflasi berpengaruh negatif terhadap penerimaan pajak, dengan memiliki hubungan yang kuat. Hal ini menunjukan bahwa semua hipotesis pada penelitian ini diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Inflasi dan Penerimaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29709

Actions (login required)

View Item View Item