Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (Suatu Studi Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung)

Zulhendri, Ferdi (2014) Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (Suatu Studi Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anggaran pada sektor publik terkait dengan proses penentuan jumlah alokasi dana untuk tiap-tiap program dan aktivitas yang menggunakan dana milik rakyat, dimana dalam penggunaannya pemerintah pusat/daerah harus membuat laporan keuangan sebagai bentuk dari pertanggung jawabannya. Dalam membuat laporan keuangan pemerintah pusat/daerah harus berpedoman pada sistem akuntansi pemerintah yang berlaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas partisipasi anggaran, sistem akuntansi pemerintah daerah, kinerja instansi pemerintah daerah, dan juga untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, sistem akuntansi keuangan daerah, kinerja instansi pemerintah daerah pada Pemerintahan Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel pengaruh partisipasi anggaran, sistem akuntansi keuangan daerah, dan kinerja instansi pemerintah daerah. Sedangkan verifikatf untuk mengetahui hubungan antara variabel partisipasi anggaran terhadap kinerja instansi pemerintah daerah, dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kinerja instansi pemerintah daerah. Untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran dan sistema kauntansi keuangan daerah terhadap kinerja instansi pemerintah daerah (Survey pada Pemerintahan Kota Bandung) digunakan pengujian statistik. pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan kolerasi pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan software SPPS 18 for windows. Hasil dari penelitian ini menunukkan bahwa cukup berpengaruh partisipasi para pegawai dalam penyusunan anggaran, penerapan sistem akuntansi keuangan telah sesuai. Dan dengan adanya partisipasi dalam anggaran membuat kinerja instansi pemerintah pun menjadi cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kinerja Instansi Pemerintah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29713

Actions (login required)

View Item View Item