Pengaruhcurrent Ratio Terhadap Return On Equity Pada PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk. ( Periode Tahun 2008-2013 )

Cahayaningtias, Sindy (2014) Pengaruhcurrent Ratio Terhadap Return On Equity Pada PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk. ( Periode Tahun 2008-2013 ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Current Ratio (CR) terhadap Return on Equity (ROE).Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan seperti neraca dan laporan laba rugi. Sampel untuk melakukan penelitian ini diambil dari data perusahaan sejak berbentuk PERSERO selama 6 tahun yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang dihitung secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Current Ratio terhadap Return On Equity. Tingkat keeratan hubungan (korelasi) kedua variabel kuat yaitu r=0,643, artinya jika Current Ratio menurun, maka Retun On Equity meningkat, dan sebaliknya. Tingkat pengaruh yang dicapai adalah sebesar 41,40% dan sisanya sebesar 58,60% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu Debt to Equity Ratio. Hasil pengujian hipotesis yaitu dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 1,188 dan nilai ttabel sebesar 2,45. Berdasarkan nilai thitung tersebut, maka thitung < ttabel, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Current Ratio tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap Return On Equity pada PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Return On Equity
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29731

Actions (login required)

View Item View Item