Implementasi Kebijakan Program Keluarga Berencana (KB) di Kota Bandung (Suatu Studi Pada Peraturan Walikota Bandung No. 004 Tahun 2011)

Januar, Iqbal (2014) Implementasi Kebijakan Program Keluarga Berencana (KB) di Kota Bandung (Suatu Studi Pada Peraturan Walikota Bandung No. 004 Tahun 2011). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program KB merupakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Kota Bandung, tetapi didalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya sosialisasi program KB kepada masyarakat, tingginya laju pertumbuhan penduduk, rendahnya kesadaran masyarakat tentang hak-hak reproduksi, dan kurangnya petugas KB di lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan publik dari George Edwards III yang mengemukakan bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi keberhasilan suatu implementasi kebijakan adalah komunikasi, sumberdaya manusia dan sumberdaya pendukung lainnya yaitu informasi, anggaran dan fasilitas, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Bidang Pengendalian KB Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive dan masyarakat menggunakan teknik sequential. Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa implementasi kebijakan program KB di Kota Bandung dalam proses komunikasi yang disampaikan aparatur dan petugas di lapangan belum berjalan baik, dikarenakan sosialisasi yang masih kurang. Sumber daya manusia di BPPKB Kota Bandung kurang baik karena kekurangan pegawai dan petugas di lapangan, Disposisi di BPPKB Kota dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Struktur Birokrasi di BPPKB Kota Bandung berjalan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Maka implementasi kebijakan program KB di Kota Bandung cukup berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Program Keluarga Berencana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item View Item