Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Bandung Nomor 888 Tahun 2012 (Studi Tentang Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tujuh Titik Zona Merah)

Febrian Aditya, Anjar (2014) Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Bandung Nomor 888 Tahun 2012 (Studi Tentang Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tujuh Titik Zona Merah).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pedagang kaki lima (PKL) merupakan pedagang yang tidak memiliki izin usaha, dan menjual barang dagangannya di sisi jalan, sehingga dapat mengganggu keindahan suatu kota. Peraturan mengenai penataan PKL di Kota Bandung tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 4 Tahun 2011 dan diperjelas pelaksanaannya dalam Peraturan Walikota (Perwal) pada Bab III pasal 7 yang mengatur tentang penataan zona dagang para PKL menjadi 3 diantaranya adalah zona merah, zona kuning dan zona hijau. Studi mengenai implementasi kebijakan ini mengacu pada teori Implementasi kebijakan menurut Edward III dimana, keberhasilan pelaksanaan kebijakan dilihat berdasarkan pada komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Untuk melihat keberhasilan pelaksanaan kebijakan tentang penataan PKL di Kota Bandung maka penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pustaka, observasi pada lokasi penelitian yaitu di tujuh titik zona merah, mengambil dokumentasi aktivitas para PKL setempat dan melakukan wawancara terhadap 7 narasumber sebagai perwakilan para PKL juga 3 narasumber dari aparatur pelaksana kebijakan. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Perwal penataan PKL ini belum dapat dikatakan berhasil dilihat dari masih terdapatnya PKL yang berjualan di area zona merah, kurangnya aparatur pelaksana kebijakan di lapangan dan belum ditemukannya solusi yang tepat sebagai bentuk relokasi PKL dari tempat asal, yang tidak merugikan salah satu pihak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Perwal Bandung No.888 Tahun 2012, PKL
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29754

Actions (login required)

View Item View Item