ANALISIS PEMBENTUK FAKTOR PENGARUH UTAMA DALAM PERILAKU PEMBELIAN BISNIS(Studi Pada Pemborong di TPI Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan)

Ulfa, Maria (2002) ANALISIS PEMBENTUK FAKTOR PENGARUH UTAMA DALAM PERILAKU PEMBELIAN BISNIS(Studi Pada Pemborong di TPI Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pada pemborong di TPI Pelabuhan Perikana Nusantara Brondong Lamongan dengan judul "Analisis Pembentuk Faktor Pengaruh Utama Dalam Perilaku Pembelian Bisnis ". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang layak dianggap sebagai penentu perilaku pembelian bisnis, serta untuk mengidentifikasi faktor yang dominan yang layak dianggap sebagai penentu pembelian bisnis.Hipotesa dalam penelitian ini pertama menduga bahwa faktor yang dianggap layak sebagai penentu perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan, organisasi, antar peribadi dan pribadi. Sedangkan hipotesa yang kedua menduga bahwa faktor pribadi yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis ini dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor inti yang selanjutnya dinyatakan sebagai faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis. Setelah dilakukan analisis data, dapat diketahui bahwa faktor yang layak dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian bisnis adalah faktor lingkungan dengan prosentase total varian 18,8 % adapun variabelnya tingkat permintaan, ramalan ekonomi, tingkat bunga, perkembangan politik dan peraturan, perhatian pada tanggung jawab, tingkat perubahan teknologi, perkembangan persaingan. Faktor pribadi dengan prosentase total varian 15,3 % adapun variabelnya umur, jabatan, sikap terhadap resiko, penghasilan, kepribadian dan budaya. Faktor antar pribadi yang mempunyai prosentase toal varian sebesar 12,4 % adapun variabelnya minat, status, daya bujuk, wewenang, empati dan faktor organisasi dengan prosentase total varian sebesar 9,4 % adapun variabelnya tujuan, prosedur, sistem, kebijakan dan struktur organisasi. Dengan demikian faktor lingkungan yang dominan sebagai penentu perilaku pembelian bisnis.Dapat disimpulkan meskipun pada masa sekarang dalam melakukan keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor pribadi. Tapi berdasarkan penelitian ternyata faktor lingkungan lebih dominan, karena pada masa sekarang ini dalam melakukan keputusan pembelian ikan, pemborong akan lebih sensitif dan selektif terhadap lingkungan yang ada disekitarnya yang bisa mempengruhi tingkat permintaan yang ditawarkan oleh nelayan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item