Diplomasi Kebudayaan Perancis di Indonesia Melalui Institut Francais D'indonesie (IFI) Tahun 2012-2013

Afriyanti, Fitria (2014) Diplomasi Kebudayaan Perancis di Indonesia Melalui Institut Francais D'indonesie (IFI) Tahun 2012-2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana diplomasi kebudayaan yang dilakukan oleh Perancis di Indonesia melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI). Peneliti mencoba menganalisis melalui pendekatan-pendekatan Kepentingan Nasional, Politik Luar Negeri, Soft Power, Diplomasi, Diplomasi Publik dan Diplomasi Kebudayaan terkait dengan keberadaan Institut Francais d'Indonesie (IFI) di Indonesia sebagai suatu lembaga yang berada di bawah naungan Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Republik Perancis di Indonesia yang melaksanakan diplomasi kebudayaan Perancis. Metode penelitian adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara dan pengamatan langsung. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan teori yang berhubungan dengan Kepentingan Nasional, Soft Power, dan Diplomasi Kebudayaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Institut Francais d'Indonesie (IFI) melakukan diplomasi kebudayaan yang dilatarbelakangi oleh kepentingan Perancis yang ingin meningkatkan mobilitas pelajar, dosen, peneliti maupun seniman dari Indonesia ke Perancis maupun sebaliknya. Hal tersebut dilakukan oleh IFI dengan tiga program yaitu, Program Kebudayaan, Program Pendidikan, dan Program Kerjasama Ilmiah. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa IFI melaksanakan diplomasi kebudayaan melalui ketiga programnya yaitu Kebudayaan, Pendidikan, dan Kerjasama Ilmiah sebagai unsur Soft Power untuk menarik minat masyarakat terutama para pelajar dan seniman sehingga terjadi dialog pertukaran ide di antara mereka dan para agen diplomasi kebudayaan yang ditampilkan oleh IFI dalam masing-masing programnya sehingga menghasilkan suatu mobilitas diantara para pelajar, dosen, peneliti dan juga seniman Indonesia ke Perancis maupun sebaliknya sebagai upaya mencapai kepentingan nasional Perancis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Kebudayaan Perancis, Institut Francais d'Indonesie (IFI), Soft Power, Kepentingan Nasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29780

Actions (login required)

View Item View Item