Dampak Skema Common Effective Preferential Tariff For Asean Free Trade Area (Cept-Afta) Terhadap Kerja Sama Perdagangan Republik Indonesia Dengan Kerajaan Thailand

Riyanti Putri, Cyntha (2014) Dampak Skema Common Effective Preferential Tariff For Asean Free Trade Area (Cept-Afta) Terhadap Kerja Sama Perdagangan Republik Indonesia Dengan Kerajaan Thailand.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari CEPT-AFTA terhadap kerja sama perdagangan Indonesia dengan Thailand. Dalam menghadapi AFTA, perlu dilakukan peningkatan fasilitas perdagangan yang diharapkan dapat memperlancar arus perdagangan ASEAN. Untuk mewujudkan hal tersebut, negara-negara anggota ASEAN telah menyepakati CEPT-AFTA termasuk Indonesia dan Thailand. Peneliti menganalisis bagaimana kerjasama perdagangan Indonesia-Thailand dalam menerapkan aturan-aturan CEPT-AFTA. Kerja sama perdagangan yang menjadi objek penelitian adalah kerja sama untuk produk-produk karet, elektronik, dan otomotif periode 2011-2013. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sebagian besar data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, penelusuran data online, dokumentasi dan wawancara. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan teori-teori dan konsep-konsep dalam Ilmu Hubungan Internasional, antara lain Ekonomi Politik Internasional, Kerjasama Internasional dan Liberalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya skema CEPT-AFTA dalam kerjasama perdagangan antara Indonesia dengan Thailand yang semenjak 2009 telah digantikan dan disempurnakan oleh ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) memberikan kemudahan di dalam melakukan kegiatan kerjasama perdagangan, karena di dalam CEPT-AFTA maupun ATIGA terdapat aturan-aturan salah satunya mengenai penurunan dan penghapusan tarif, serta mengenai fasilitasi perdagangan. Dengan penerapan CEPT-AFTA maupun ATIGA maka akan meningkatkan kerjasama diantara kedua negara. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai perdagangan, terutama dalam produk elektronik Indonesia dari 2011 sampai 2013.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CEPT-AFTA, ATIGA, Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Thailand
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item