Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur di Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik)

Cindiana Mega Dwita, Bena (2014) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur di Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguraikan secara mendalam tentang Aktivitas Komunikasi dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur. Untuk menjabarkan fokus penelitian, maka peneliti membagi menjadi kedalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur di Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif tradisi etnografi komunikasi dengan teori pendukung yang diangkat yaitu interaksi simbolik. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang , terdiri dari 3 (tiga) informan dan 3 (tiga) informan pendukung yang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, Observasi Partisipatif Pasif, Dokumentasi, Internet Searching dan Studi Pustaka. Teknik uji keabsahan data dengan cara ketekunan pengamatan, kecukupan referensi, pengecekan anggota, triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, Situasi Komunikatif yang ada dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur saat menentukan hari , tanggal sangat baik untuk hajatan yaitu Rabu Pahing, Rabu Pon, Jum��at Pahing, Sabtu Legi, dan Bulan Jumadilakhir, Rejeb, Ruwah, Dulkaidah, Besar. Pemilihan tempat upacara temanten yaitu rumah dan penentuan dekorasi yang digunakan pada upacara temanten sesuai budget yang dimiliki pemilik hajatan. Peristiwa komunikatif dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa yaitu ada tiga pada saat ijab kabul, panggih temanten dan pada saat resepsi pernikahan. Tindakan komunikatif yang terdapat dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur ini terdapat pada konsultasi hari dan tanggal baik dan acara-acara yang ada pada panggih temanten. Simpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur Di Kecamatan Kedamean ini masih mengikuti kebudayaan Jawa dengan kalendernya, bahasa yang digunakan bahasa Jawa dan campuran, komunikasi yang terjadi adalah komunikasi ekspresif dan instrumental.Saran dari penelitian ini adalah agar kebudayaan pernikahan ini bisa tetap terjaga keseltariannya di masyarakat dengan cara mengadakan prosesi yang berlangsung seperti adanya acara panggih temanten yang sesuai Kebudayaan Gresik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif, Upacara Temanten Pada Pernikahan Adat Jawa Timur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29786

Actions (login required)

View Item View Item