Perancangan Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi Pada PT. X Menggunakan Cobit 4.1 dan Itil V.3

Tri Mardiani, Gentisya (2014) Perancangan Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi Pada PT. X Menggunakan Cobit 4.1 dan Itil V.3.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT X merupakan unit pengelola kesehatan dan unit terpisah dari PT Y yang mengelola kesehatan untuk karyawan, pensiunan beserta keluarga, baik di divisi regional, divisi support dan beberapa anak perusahaan PT Y. Layanan TI digunakan PT X untuk mendukung proses bisnis yang berlangsung saat ini. PT X menginginkan untuk terus meningkatkan layanan serta ketersediaan dan kelancaran layanan kepada pengguna sistem. Selain itu, pemenuhan penyediaan layanan juga dapat terus berkembang dan mengalami perubahan berdasarkan kebutuhan pengguna yang terlibat dalam proses bisnis organisasi. roses pengukuran terhadap tingkat kematangan ketersediaan layanan TI dilakukan untuk mengetahui kondisi layanan TI yang digunakan berdasarkan Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT). Kemudian ditetapkan target yang akan dicapai berdasarkan hasil pengukuran kondisi kematangan saat ini. Pendekatan yang dilakukan untuk mencapai kebutuhan layanan TI yang diharapkan adalah pendekatan manajemen layanan TI terhadap perubahan organisasi, dan operasional berdasarkan suatu kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Hasil penelitian menjelaskan bahwa tingkat kematangan proses kondisi saat ini berkisar pada tingkat kematangan 3 (Defined Process) yang berarti PT X telah memiliki prosedur standar dan tertulis yang telah disosialisasikan ke pihak manajemen dan karyawan untuk dipatuhi dan dikerjakan dalam aktivitas sehari-hari, namun tidak ada pengawasan untuk menjalankan prosedur tersebut, sehingga memungkinkan terjadinya masalah. Kemudian dianalisis kondisi kematangan proses yang diharapkan dan mengatasi kesenjangan dan mencapai tingkat kematangan proses yang diharapkan dengan kerangka kerja ITIL v.3 yang dapat memenuhi kebutuhan proses manajemen layanan TI, yaitu dengan melakukan analisis service strategy mendefinisikan manajamenen strategi layanan TI yang menghasilkan strategi layanan TI baru serta perancangan desain portofolio layanan yaitu meningkatkan layanan sistem medical record online dengan melakukan integrasi dengan layanan pendukung dan membuat layanan baru yang diusulkan dengan sistem monitoring TI untuk pengawasan proses kinerja TI dan infrastruktur TI yang digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Layanan TI, kematangan proses, strategi layanan, desain layanan, COBIT 4.1, dan ITIL v.3
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29816

Actions (login required)

View Item View Item