Perancangan Strategi Business Intelligence Untuk Kinerja Mahasiswa di Program Studi Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia

Susanto, Rani (2014) Perancangan Strategi Business Intelligence Untuk Kinerja Mahasiswa di Program Studi Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program studi Teknik Informatika (IF) merupakan salah satu program studi yang memiliki jumlah mahasiswa dengan kapasitas yang besar di Unikom. Selama ini prodi IF memiliki beberapa permasalahan dari sisi mahasiswa dimana jumlah mahasiswa yang lulus lebih sedikit dibanding mahasiswa yang masuk dikarenakan banyak mahasiswa yang mengundurkan diri, lulus tidak tepat waktu ataupun lulus dengan IPK yang tidak sesuai target. Hal ini menyebabkan tidak tercapainya kebutuhan bisnis di prodi ini. Agar kebutuhan bisnis di prodi ini tercapai maka dibutuhkan suatu rancangan strategi business inteliigence dari sisi mahasiswa. Tujuan dari rancangan strategi business intelligence ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan data yang ada sebagai alternatif solusi dalam pengambilan keputusan dari sisi mahasiswa. Analisis data yang digunakan yaitu pengolahan data menggunakan OLTP, penyimpanan menggunakan data warehouse hingga proses OLAP untuk penyebaran informasinya serta penentuan KPI untuk kebutuhan business intelligence nya. Penelitian ini menghasilkan rancangan strategi business intelligence untuk kinerja dari sisi mahasiswanya. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk dapat membantu memberikan alternatif solusi dan sarana untuk mengambil keputusan mengenai permasalahan mengenai mahasiswa di program studi Teknik Informatika Unikom. Selain itu juga bisa digunakan sebagai proses penyajian informasi yang dibutuhkan oleh prodi dari sisi mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Data Warehouse, OLTP, KPI, OLAP
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item