Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-Learning di SMAN 3 Cimahi Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Domain DS dan ME

Hermawati Puji Rahayu, Yanti (2014) Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-Learning di SMAN 3 Cimahi Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada Domain DS dan ME. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu sekolah di kota Cimahi yang telah menggunakan sistem pembelajaran E-Learning website sekolah adalah SMAN 3 Cimahi yang penerapannya sudah dimulai sejak tahun 2011 tetapi sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran kinerja pembelajaran E-Learning. Penelitian perlu dilakukan untuk mengukur kinerja agar dapat diketahui maturity level pembelajaran E-Learning pada sekolah tersebut. Pengukuran kinerja ini dilakukan dengan menggunakan COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technologies) pada domain DS (Deliver and Support)) dan ME (Monitor and Evaluate). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi existing berdasarkan hasil wawancara kepada pihak terkait, mengukur tingkat kematangan (maturity level) kinerja pembelajaran dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan maturity level. Metode yang digunakan adalah meninjau kepustakaan, melakukan proses wawancara sehingga menghasilkan domain COBIT yang terpilih yaitu DS dan ME, observasi, penyebaran kuesioner kepada responden, menghitung hasil kuesioner, menentukan tingkat kematangan/maturity pada kondisi existing (as is), menentukan kondisi yang ingin dicapai (to be), menganalisis kesenjangan/gap, memberikan rekomendasi, menarik kesimpulan dan memberikan saran. Hasil penilaian tingkat kematangan/maturity level kondisi existing berada pada level rata-rata 2 sedangkan kondisi yang ingin dicapai rata-rata berada pada level 3. Untuk mencapai level yang diinginkan maka rekomendasi perbaikan yang mengacu kepada framework COBIT perlu diberikan diantaranya: pembuatan SOP (Standar Operasional dan Prosedur) E-Learning, melengkapi konten E-Learning, tertib administrasi pendokumentasian arsip-arsip penting, realisasi pelatihan E-Learning kepada guru-guru, pengalokasian pengeluaran biaya pemeliharaan dan pengujian sistem, penerapan reward dan punishment, pembuatan dan penggunaan kerangka kerja dan tata kelola E-Learning dan semuanya dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Performance Measurement, E-Learning, COBIT 4.1, Maturity Level
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29844

Actions (login required)

View Item View Item