Strategi Komunikasi Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Melalui Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal

Rifad Hasibuan, Mochamad (2014) Strategi Komunikasi Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Melalui Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Bandung melalui kegiatannya Tentara Nasional Indonesia Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan, Penulis mencoba memperhatikan bagaimana pengenalan khalayak, penyusunan pesan, menetapkan metode pelaksanaan serta media yang digunakan oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dalam mensosialisasikan program KB, di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, data yang didapat untuk melengkapi penelitian ini yaitu melalui dokumentasi, studi kepustakaan, internet searching, dan wawancara secara mendalam.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sesuai dengan identifikasi yang diterapkan oleh penulis yaitu bagaimana pengenalan khalayak, penyusunan pesan, metode pelaksanaan, serta media yang digunakan, oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan melalui Kegiatannya Tentara Nasional Indonesia Manunggal Keluarga Berencana. Adapun pendekatan deskriptif ini adalah menjelaskan tentang data apa saja yang peneliti peroleh baik itu dari informasi, pengalaman, serta wawancara secara mendalam dalam mendapatkan satu bentuk informasi.Hasil penelitian ini secara umum menunjukan pengenalan khalayak dilihat dari segi usia serta jumlah anak yang melebihi dari pencanangan program KB atau lebih dari 2 serta yang menjadi target utamanya adalah masyarakat yang belum menggunakan KB, penyusunan pesan berupa informasi yang bersifat edukasi untuk memberikan suatu pemahaman kepada masyarkat, Menetapkan Metode Pelaksanaan berupa KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi), Media yang digunakan berupa media yang bersifat audio ataupun visual serta cetak, seperti adanya media radio, televisi, iklan, baliho, plang dan brosur-brosur.Saran untuk Badan Keluarga Berencana, realita yang ada tenaga dilapangan dirasa masih memiliki kekurangan dalam jumlah personil, hal itu dapat dibuktikan dengan terbatasnya TPD (Tenaga Penggerak Desa), memberikan suatu bentuk perhatian yang lebih kepada TNI, meningat TNI pada prakteknya sangat membantu dalam kelangsungan sosialisasi program KB ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keluarga Berencana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29846

Actions (login required)

View Item View Item