Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM Dalam Membaca dan Menulis Katakana (Gairaigo Istilah-Istilah Komputer Aplikasi Microsoft Excel)

Dwi Praharti, Adista (2014) Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM Dalam Membaca dan Menulis Katakana (Gairaigo Istilah-Istilah Komputer Aplikasi Microsoft Excel). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Istilah-istilah teknologi termasuk komputer tidak sedikit yang menggunakan gairaigo. Sebagai mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM, pengetahuan dan pemahaman tentang istilah-istilah komputer sangat diperlukan. Mengingat visi dan misi Fakultas Sastra UNIKOM untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mahir berbahasa Jepang tetapi juga unggul di bidang ilmu sastra berbasis teknologi informasi dan komunikasi, kompeten, dan handal di bidang studinya. Oleh karena itu dengan penelitian ini penulis ingin mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM dan kendala dalam membaca dan menulis katakana (gairaigo istilah-istilah komputer aplikasi Microsoft Excel). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II tahun ajaran 2012-2013, mahasiswa tingkat III tahun ajaran 2011-2012 dan tingkat IV tahun ajaran 2010-2011 dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, dan tes membaca dan menulis serta angket yang diberikan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM dalam membaca katakana (gairaigo istilah-istilah komputer aplikasi Microsoft Excel) sangat kurang dengan rata-rata tingkat kemampuan 43,4. Sedangkan tingkat kemampuan mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM dalam menulis katakana (gairaigo istilah-istilah komputer aplikasi Microsoft Excel) sangat kurang dengan rata-rata tingkat kemampuan 14,8. Sehingga tingkat kemampuan mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM keseluruhan dalam membaca dan menulis sangat kurang dengan rata-rata tingkat kemampuan 29,05. Kendala terbesar mahasiswa Program Studi Sastra Jepang UNIKOM dalam membaca dan menulis katakana (gairaigo istilah-istilah komputer aplikasi Microsoft Excel adalah mahasiswa tidak familiar dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel berbahasa Jepang, jarang menggunakan aplikasi Microsoft Excel dalam kegiatan perkuliahan seperti tugas dsb. Serta, kurangnya pemahaman mahasiswa tentang peraturan-peraturan penulisan gairaigo dari bahasa asli ke dalam bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan, Membaca, Menulis, Katakana, Gairaigo, Microsoft Excel
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item