Usulan Pembuatan Master Production Schedule Untuk Produk Ribbed Smoked Sheet di Pabrik Pengolahan Karet Cimari PT. Condong Garut

David Karadin, Deni (2014) Usulan Pembuatan Master Production Schedule Untuk Produk Ribbed Smoked Sheet di Pabrik Pengolahan Karet Cimari PT. Condong Garut.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan industri dan persaingan bisnis yang sangat ketat dan berkembang dengan pesat, menuntut setiap perusahaan untuk selalu bisa meningkatkan kemampuan dalam bersaing dan mempertahankan eksistensi nya. Hal ini merupakan kemampuan yang harus selalu dimiliki oleh setiap perusahaan supaya perusahaan tidak tertinggal oleh pesaing. PT. Condong Garut merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri karet dan minyak kelapa sawit, produk yang diproduksi oleh pabrik pengolahan karet berupa RSS (Ribbed Smoked Sheet) yang berupa lembaran-lembaran tipis karet (kurang lebih 3 mm), berwarna kuning kecoklatan dan transparan serta mempunyai kelenturan yang sangat baik. Strategi penempatan produk yang diterapkan di pabrik pengolahan karet Cimari PT. Condong Garut adalah make to order Produksi dilakukan sesuai dengan pesanan dari konsumen. Sistem produksi yang diterapkan di perusahaan masih belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari produksi yang masih dilakukan secara tradisional yang artinya produksi yang dilakukan hanya berdasarkan pengalaman, intuisi dan tidak memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi secara matematis dan tidak adanya jadwal induk produksi yang disusun oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan niilai DTF dan FTP pada jadwal induk produksi yang telah disusun untuk produk Ribbed Smoked Sheet bernilai 0, atau dengan kata lain perubahan permintaan tidak diijinkan hal ini karena jumlah produk yang dipesan di tahun 2013 sudah bersipat tetap untuk tiap periode nya, disamping itu untuk batas penyesuaian pesanan tidak bisa dirubah karena jumlah material yang dibutuhkan telah disesuaikan dengan jumlah permintaan di pabrik pengolahan karet cimari PT. Condong Garut yang berupa latek getah karet. Untuk nilai PAB bernilai nol yang artinya pada periode 1 sampai seterusnya perusahaan sudah tidak memiliki persediaan untuk produk ribbed smoked sheet dan Jadwal induk produksi dapat diimplementasikan karena kapasitas yang dimiliki perusahaan dapat memenuhi kapasitas yang dibutuhkan dari perencanaan yang dibuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Demand, Jadwal Induk Produksi, Perbandingan Kapasitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item