Tinjauan Atas Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah Dengan Menggunakan SIPKD Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat

Rhamdani, Gilang (2014) Tinjauan Atas Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah Dengan Menggunakan SIPKD Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prosedur pengelolaan keuangan berawal dari pembuatan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) oleh Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan dilanjutkan dengan pembuatan Surat Perintah Membayar yang ditanda tangani oleh PA (Kepala Dinas). SPM yang telah ditanda tangani oelh PA disampaikan ke Biro Keuangan untuk menerbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana). SP2D yang terbit disampaikan ke Bendaharan Pengeluaran (BP) untuk di register dan dikeluarkan cek. Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) adalah aplikasi terpadu yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang digunakan meningkatkan efektifitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengelolaan keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efesiensi, ekonomis, efektif, transaparan, akuntabel dan auditable. Prosedur penatausahaan anggaran di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provisin Jawa Barat dengan menggunakan SIPKD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah) telah sesuai dengan Permendagri No. 13 tahun 2006 yang dimulai dengan disusunnya Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD, penerbitan SPD, Pembuatan SPP dan SPM, Penerbitan SP2D dan Pencairan SP2D.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Atas Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item