KAJIAN PENGAJARAN GEOMETRI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA LUAR BIASA (TUNA RUNGU) DI PARE KEDIRI

Chotimah, Siti (2002) KAJIAN PENGAJARAN GEOMETRI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA LUAR BIASA (TUNA RUNGU) DI PARE KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di butuhkan suatu pertimbangan yaitu bakat, minat, kemampuan dan kondisi peserta didik. Kenyataannya tidak semua manusia dapat menguasai secara baik dan benar, contohnya anak tuna rungu. Anak tuna rungu adalah anak yang mengalami gangguan pada alat pendengaran, sehingga tidak atau kurang berfungsinya organ-organ pendengarannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengajaran geometri (persegi panjang dan persegi) yang diterapkan di SLTPLB bagian B kelas II Dharma Wanita, masalah-masalah yang di hadapi dalam proses belajar mengajar materi geometri.Di dalam penelitian ini mendeskripsikan pengajaran geometri di SLTPLB bagian B. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa SLTPLB bagian B kelas II, sebanyak 10 siswa.Untuk mengetahui metode pengajaran geometri digunakan metode observasi, interviu yang ditunjukkan kepada guru matematika dan seluruh siswa SLTPLB bagian B. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan dalam proses belajar mengajar dilihat dari pemahaman siswa menerima materi yang disampaikan. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif yaitu memberi gambaran, menafsirkan semua yang ditemui di lapangan. Analisis ini untuk melihat strategi pembelajaran geometri, masalah-masalah yang dihadapi dan pemecahan masalah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengajaran geometri digunakan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Sedangkan tingkat prestasi siswa berdasarkan pedoman kriteria penelitian diprediksikan cukup, rata-rata kelas 6,4.Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) dengan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi dalam pengajaran geometri prestasi siswa cukup. 2) kemampuan siswa yang terbatas dalam penggunaan bahasa yang masih kurang lancar. 3) media belajar yang kurang dimanfaatkan secara optimal. 4) kurang efektifnya jam pelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Mathematics > 2002 > Event Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item View Item