Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Bagian Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Ramdani, Randi (2014) Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Bagian Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah instansi yang berada di bawah kewenangan pemerintah Provinsi Jawa barat. Bertugas untuk merumuskan kebijaksanaan operasional dibidang pendidikan dan melaksanakan sebagian kewenangan desentralisasi Provinsi serta kewenangan yang dilimpahkan kepada Gubernur berdasarkan azas dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Selama melaksanakan Job Training di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, penulis ditempatkan dibagian PNFI. Posisi bidang PNFI sudah bersifat state of being atau sudah melembaga. Karena sudah berdiri sendiri tidak di bawah naungan bagian bidang divisi lainnya. PNFI sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu; Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Seksi Kesetaraan dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS), dan yang terakhir Seksi Kursus dan Kelembagaan. Kegiatan rutin yang selalu dilakukan penulis yaitu apel pagi, membantu melaksanakan penyusunan program kerja PNFI, membantu tugas pekerjaan di bidang KURSUS. Penulis juga melakukan kegiatan yang bersifat Insedentil. Adapun kegiatan yang bersifat Insidentil penulis lebih diperbantukan dengan pengenalan tempat lingkungan PKL, membantu mencari data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dan sebagainya. Hal ini dilakukan guna memberi pengalaman dan pengetahuan kepada penulis mengenai bidang kerja di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat khusunya bagian PNFI dan KURSUS melalui praktek di lapangan. Pelayanan yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terhadap mahasiswa PKL sangat terbuka dalam penerimaan keberadaan mahasiswa PKL, serta tidak menutup diri apabila ada hal yang ingin ditanyakan dan tidak segan untuk memberi tahu tentang seluruh pengumuman dan informasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Selama berada di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat penulis merasa adanya sifat kekeluargaan yang tercipta dan dibangun dibangun oleh seluruh staf karyawan dan khususnya staf PNFI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bagian Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30156

Actions (login required)

View Item View Item