Implementasi data mining pada penjualan obat di pt. sanbe farma menggunakan metode analisis korelasi

Wydiyanto (2015) Implementasi data mining pada penjualan obat di pt. sanbe farma menggunakan metode analisis korelasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan Sanbe Farma selalu menaikkan target penjualan setiap bulannya. Untuk meningkatkan penjualan demi memenuhi target penjualan, divisi pemasaran dapat mengendalikan faktor yang mempengaruhi penjualan yang disebut juga marketing mix. Faktor-faktor tersebut adalah faktor produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Korelasi atau hubungan dari faktor-faktor tersebut terhadap penjualan dapat dijadikan suatu informasi yang berguna bagi perusahaan untuk menentukan faktor yang perlu ditingkatkan atau dikurangi. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi hasil analisis tersebut adalah data mining karena salah satu fungsi dari data mining adalah untuk melakukan analisis korelasi. Ada dua jenis korelasi yang dapat dianalisis pada penelitian ini, yaitu hubungan satu ke satu (bivariat) dan hubungan banyak ke satu (multivariat). Berdasarkan datanya yang kuantitatif, maka algoritma yang digunakan adalah produk momen Pearson (bivariat) dan regresi linear berganda (multivariat). Agar mendukung performansi yang cepat maka basis data yang digunakan adalah MySQL. Analisis korelasi menggunakan algoritma produk momen Pearson dan regresi linear berganda memberikan hasil yang baik. Hasil analisis yang didapatkan dengan menggunakan algoritma ini berupa jenis korelasi yang bersifat positif ataupun negatif. Hasil korelasi yang didapatkan setelah menggunakan kedua metode tersebut adalah faktor biaya promosi, diskon, harga, komisi sales, dan jumlah broker memiliki pengaruh/korelasi terhadap penjualan. Oleh karena itu, hasil dari analisis korelasi pada penjualan obat di PT. Sanbe Farma ini bisa dijadikan referensi dalam meningkatkan atau mengurangi suatu faktor yang mempengaruhi penjualannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis korelasi, MySQL, data mining, produk momen Pearson, regresi linear berganda
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:11
Last Modified: 16 Nov 2016 08:11
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item