MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Indiani Widiastuti, Nelly (2013) MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC. KOMPUTA - Jurnal Komputer & Informatika, 1 (1).

[img] UNSPECIFIED
komputa-1-1-model-perilaku-berjalan-nelly-6.pdf

Download (630kB)
Official URL: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/model-perila...

Abstract

Perilaku sebuah agen yang natural atau mampu merespon lingkungan adalah tujuan yang dikembangkan oleh para game developer. Logika fuzzy adalah salah satu metode yang mampu menangkap kondisi lingkungan yang tidak diskrit. Penelitian ini menjelaskan model perilaku kecepatan berjalan sejumlah agen yang mendapat pengaruh dari lingkungannya. Variabel masukan untuk penelitian ini adalah ukuran kelompok, kondisi stamina dan kondisi lingkungan yang secara random dimunculkan. Metode inferensi yang digunakan adalah metode Mamdani dan metode defuzzifikasi Mean Of Maximum. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,9 yang merupakan kecepatan berjalan yang dipengaruhi ukuran kelompok 16 buah, dengan kondisi stamina tingkat 6 dan kondisi lingkungan pada state 42.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > KOMPUTA - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 28 Nov 2016 07:53
Last Modified: 28 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30241

Actions (login required)

View Item View Item