GAME EDUKASI PENYAKIT MALARIA DAN CARA PENCEGAHANNYA

Galang Mahafi, Aditya and Hermawan, Galih (2015) GAME EDUKASI PENYAKIT MALARIA DAN CARA PENCEGAHANNYA. KOMPUTA - Jurnal Komputer & Informatika, 2 (2).

[img] UNSPECIFIED
2.2.10.2013-19-26-2089-9033.pdf

Download (952kB)
Official URL: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/game-edukasi...

Abstract

Malaria merupakan salah satu masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia. Diperkirakan terdapat 15000000 kasus klinis di setiap tahunnya. Beberapa program telah dilakukan oleh pemerintah, di antaranya: memberikan kelambu, brosur, pamflet, penyuluhan, dan penyemprotan DDT (Dichloro Diphenyl Trichloroethane). Brosur, pamflet dan penyuluhan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan malaria kurang begitu efisien karena jangkauan yang tidak tercapai, kurangnya jumlah tenaga penyuluhan, dan masyarakat kurang begitu tertarik membaca brosur khususnya anak-anak. Berdasarkan narasumber yang ada pamflet dan penyuluhan malaria saat ini hanya terdapat pada daerah endemis malaria saja. Pendidikan berkaitan dengan penyakit malaria dan cara pencegahannya tentunya sangat dibutuhkan masyarakat. Secara khusus bagi anak-anak, pengemasan media pendidikan dalam bentuk game yang mudah digunakan, menarik, dan menyenangkan sangat diharapkan. Hasil pengujian yang dilakukan oleh 30 anak-anak usia 9-10 tahun menunjukkan bahwa rata-rata 98% responden merasa memperoleh ilmu pengetahuan berkaitan dengan penyakit malaria, mudah dan menyenangkan untuk dimainkan.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > KOMPUTA - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 28 Nov 2016 07:59
Last Modified: 28 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30273

Actions (login required)

View Item View Item