STUDI EVALUASI TINGKAT KECELAKAAN PADA JALAN TOL SURABAYA – GEMPOL

Tri Wahyono, Gentur (2002) STUDI EVALUASI TINGKAT KECELAKAAN PADA JALAN TOL SURABAYA – GEMPOL.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalahan lalu lintas yang semakin berkembang berakibat pula dengan bertambahnya jumlah kecelakaan yang terjadi. Kecelakaan lalu lintas sangat merugikan, baik berupa kerugian moril maupun kerugian material yang dapat menyebabkan trauma pada para pengguna jalan. Pada jalan tol Surabaya – Gempol yang diharapkan akan mampu menekan angka kecelakaan dan kemacetan tidak luput dari kejadian yang sifatnya tak terduga tersebut.Jalan tol sebagai jalan bebas hambatan memberikan perbedaan yang nyata dibandingkan dengan jalan biasa. Dengan bebas hambatan bukan berarti masalah kecelakaan lalu lintas teratasi. Karakteristik kecelakaan pada jalan tol Surabaya-Gempol menunjukkan bahwa pengemudi adalah penyebab kecelakaan paling tinggi disusul kendaraan dan penyebab kecelakaan paling sedikit adalah jalan dan lingkungan. Kurang antisipasi dan ban pecah adalah bagian dari masing-masing faktor penyebab (pengemudi dan kendaraan) karakteristiknya menonjol. Tingkat kecelakaan dan kelas korban kecelakaan fatal dan berat angkanya menonjol. Kecelakaan sendiri untuk tipe tabrakan tunggal dan tabrakan depan-belakang untuk tipe tabrakan ganda adalah tipe tabrakan yang seringkali terjadi. Jenis kendaraan minibus adalah kendaraan yang rawan kecelakaan , dimana hal ini berbeda dengan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.Pada jalan tol Surabaya - Gempol terdapat beberapa ruas jalan yang diklasifikasikan sebagai black site (ruas rawan kecelakaan), yaitu: ruas Waru-Sidoarjo, Sedangkan black spotnya pada station km 16 900. Dalam rangka hal tersebut di atas maka diperlukan upaya – upaya yang bisa mengurangi jumlah kecelakaan yang terus meningkat terutama pada ruas rawan kecelakaan (black site). Upaya-upaya dalam mereduksi kecelakaan harus disesuaikan dengan karakteristik yang terjadi. Penanganan secara single sites dan penanganan secara mass action adalah bentuk kegiatan yang dapat dijalankan dalam mereduksi kecelakaan. Alternatif lain adalah dengan diadakannya penaganan terhadap unsur-unsur yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas tersebut, antara lain: manusia (sebagai pemakai jalan), kendaraan, lingkungan dan jalan

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Civil Engineering > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item