USULAN PETA STRATEGI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTOR (CSF) DAN IT BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT. Sola Gratia Bandung)

Gunardi and Sulistyo S, Dedi and Suryana, Taryana (2012) USULAN PETA STRATEGI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTOR (CSF) DAN IT BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT. Sola Gratia Bandung). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
UNSPECIFIED
13-unikom-gunardi-majalah-ilmiah.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/usulan-peta-stra...

Abstract

PT Sola Gratia merupakan perusahan yang sedang berkembang, tetapi dalam perjalan proses bisnisnya mengalami kendala, hal ini terlihat dari belum terintegrasinya antara bagian perbagian, dan diantaranya pelaporan laporan keuangan belum secara cepat terselesaikan sehingga pengambilan keputusan dari pemakai laporan keuangan dalam hal ini shareholder perusahaan sering terlambat dan bagian marketing dengan produksi masih ada ketidak cocokan perintah diakibatkan belum terintegrasinya teknologi informasi dan pemanfaatannya masih sangat sederhana di dalam PT.Sola Gratia tersebut. Selain permasalahan proses bisnisnya juga ada permasalahan dari segi investasi TI yang ternyata cukup mahal mencakup akan kebutuhan mesin dan juga perubahaan teknologi pada mesin industri yang cepat berubah yang akhirnya berdampak pada SDM/tenaga ahli yang kurang. Untuk menjawab permasalahan diatas adalah salah satunya dengan pendekatan teknologi informasi dan telekomunikasi dimana TI telah membawa perubahan drastic pada wajah dunia bisnis menjadi semakin global, dimana mulai terkikisnya sekatsekat yang membatasi ruang gerak perusahaan sehingga bisa menembus hambatan jarak dan waktu. Dalam situasi lingkungan bisnis saat ini dimana perubahan sudah menjadi keharusan, maka setiap perusahaan harus secara efektif melakukan perubahan dengan mengambil keputusan-keputusan strategis yang bertujuan untuk memenangkan persaingan dan meraih pertumbuhan keuntungan yang berkelanjutan. Balanced Scorecard tujuan dari suatu unit usaha tidak hanya dinyatakan dalam suatu ukuran keuangan saja melainkan dijabarkan lebih lanjut ke dalam pengukuran bagaimana unit usaha tersebut menciptakan nilai terhadap pelanggan yang ada sekarang dan masa datang dan bagaimana unit usaha harus meningkatkan kemampuan internalnya untuk memperoleh kinerja yang baik. Dari hasil perencanaan teknologi informasi akan diperoleh suatu usulan strategi teknologi informasi untuk pengembangan selanjutnya. Analisis SWOT pada PT.Sola Gratia menunjukkan keadaan Growth, dalam analisis balanced scorecard visi perusahaan menggunakan strategi differentiation dan cost leadership strategy, Analisis IT BSC untuk persperspektif kontribusi perusahaan sebelum IT BSC 52% target 100%, Orientasi pengguna sebelum IT BSC 3.2 target 5 (skala 5), Keunggulan operasional produksi sebelum IT BSC 95% target 100% dan pelayanan perbaikan mesin sebelum IT BSC 87.5% target 100%, Orientasi masa datang sebelum IT BSC 4.0625 target 5 (skala 5).Dan selanjutnya menghasilkan Peta Strategi TI pada PT.Sola Gratia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis csf, it balanced scorecard, peta strategi informasi
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:15
Last Modified: 30 Nov 2016 09:15
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30352

Actions (login required)

View Item View Item