Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship management Di Koperasi Pegawai Dan Pensiunan PT Pos Indonesia (KOPPOS)

Yusuf, Ferdi (2016) Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship management Di Koperasi Pegawai Dan Pensiunan PT Pos Indonesia (KOPPOS). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi pegawai Dan Pensiunan PT.Pos Indonesia (KOPPOS) adalah koperasi usaha berjenis koperasi dan memiliki beberapa unit bisnis seperti unit simpan pinjam dan unit toko. Situasi yang ada saat ini adalah ketua koperasi mengalami kesulitan dalam melakukan pendekatan kepada anggota KOPPOS , pemasaran dan promosi produk kepada anggota karena ketua KOPPOS tidak maksimal dalam melakukan pendekatan kepada anggota KOPPOS, pemasaran dan promosi produk kepada anggota Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management), KOPPOS dapat melakukan pendekatan dengan mengidentifikasi anggota dengan anggota segmentasi. Tujuan dari proses segmentasi anggota adalah untuk mengetahui perilaku anggota dan menerapkan strategi pendekatan kepada anggota KOPPOS serta pemasaran dan promosi produk yang tepat sehingga menguntungkan bagi koperasi. Model segmentasi RFM (Recency, frekuensi, dan moneter) berdasarkan kebaruan, frekuensi, dan moneter. Teknik pengelompokan anggota transaksi berdasarkan transaksi yang terakhir dilakukan, jumlah transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan total rata-rata pembelian yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi yang dibangun sudah mencapai tujuan membantu KOPPOS ketua dalam melakukan anggota pendekatan bisnis dari KOPPOS, pemasaran dan promosi produk kepada anggota. Pengambilan keputusan dilaksanakan setelah melalui proses analisis, pemodelan, dan evaluasi data yang disimpan dalam database untuk menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan antara koperasi dan anggotanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KOPPOS, CRM, segmentasi, RFM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item